Ingin belajar menulis press release? Press release adalah salah satunya langkah untuk menyertakan jurnalis dalam mempublikasikan berita Anda. Press release (dikenal juga untuk news release) ialah dokumen singkat yang berisi mengenai kabar perusahaan atau usaha Anda yang diedarkan oleh wartawan atau media. Umumnya dikirim ke jurnalis serta editor bisa memakai info itu untuk membuat artikel kabar.
Bila Anda pemilik usaha atau perwakilan PR (public
relations) yang ingin menebarkan info mengenai merek Anda, mengunkan jasa press release ialah
langkah yang pas! Dalam artikel ini, kita akan belajar langkah menulis press
release yang betul serta sesuai dengan aturan.
Mengapa Anda Membutuhkan Press Release
Berikut fakta penting Anda harus menulis tayangan wartawan:
1. Mendapatkan perhatian serta awareness
Wartawan serta jaringan media mempunyai capaian yang semakin
lebih luas dari usaha Anda, jadi logis untuk memakai press release untuk
memperoleh semakin banyak perhatian serta awareness.
2. Membantu membuat jaringan
Dengan kirim tayangan wartawan adalah keuntungan untuk Anda
dan journalist. Karena jurnalis memerlukan kabar – serta dengan menolong mereka
dengan press release, menjadi awal membuat jalinan yang baik dengan industri
media.
3. Bisnis Anda gampang dioptimasi oleh search engine
Saat kata kunci (keyword)/keyword usaha Anda telah terindeks
di mesin pencari seperti Google, akan menolong dalam tingkatkan merek usaha
Anda.
, bila seorang jurnalis mengeluarkan press release dengan
mengeluarkan pada situs/website, situs usaha Anda memperoleh back-link dari
website perusahaan media (back-link salah satu langkah supaya content Anda ada
pada rangking pertama halaman mesin pencari).
4. Membantu Image Anda
Efisiensi dari press release yakni jalan paling baik untuk
mengatur bagaimana usaha Anda disaksikan. Anda bisa membuat image merek Anda
serta membuat pemahaman publik lewat pengakuan sah yang informatif dengan bukti
untuk menantang pandangan negatif.
Satu pertanyaan besar yang mungkin Anda harus jawab:
Kapan Anda memerlukan press release? Baiknya, press release ialah aliran yang aktif setiap saat Anda ingin share info usaha yang wajar diedarkan.
Tapi bagaimana Anda putuskan apa info Anda wajar dikabarkan?
Supaya info/content dipandang wajar dikabarkan, ada faktor-faktor yang penting
Anda lihat:
- Dampak – apa seorang akan dipengaruhi oleh info itu?
- Kedekatan – apa informasi ini penting?
- Pengakuan – apa ini suatu hal yang penting dipahami?
Beberapa Press Release yang sukses penuhi minimal dua dari
tiga persyaratan itu.
Format Press Release
Setelah itu kita akan pelajari susunan serta langkah menulis Press Release yang betul. Bila Press Release Anda sesuai pola yang umum dipakai wartawan, kesempatan Anda untuk dikabarkan semakin tinggi.
Berikut format Press Release yang biasa dipakai:
Headline (Judul): Judul yang menerangkan secara jelas
mengenai launching itu – Apa peluncuran satu produk? Perkembangan bisni baru?
Restrukturisasi perusahaan?
- Location: Di mana tempat Anda serta dimana kabar itu berlangsung
- Lead: Paragraf pertama yang meringkas info penting mengenai info usaha Anda
- Body: Informasi detil yang diberi dalam kurangi tingkat kebutuhan
- Boilerplate: Beberapa kata yang memvisualisasikan perusahaan Anda pada audience
- Press Kontak: Nama serta detil contact koordinator media Anda. Umumnya, siapapun yang bisa dikontak oleh reporter untuk memperoleh info selanjutnya.
- Catatan: Walau tidak ada font yang spesial untuk Press Release Anda, tapi memakai font umum seperti Arial atau Times New Roman adalah inspirasi yang bagus.
Jenis Press Release
- Press Release Peluncuran Produk
- Press Release Penelitian Baru
- Press Release Pengumuman Darurat
- Press Release Perekrutan Karyawan Baru
- Press Release Penerimaan Penghargaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar